pameran foto

AKHIRNYA pameran foto teman2 wartawan di Magelang dilaksanakan juga, 21-23 April 2006. Sebanyak 19 wartawan dari 11 media ikut memamerkan karyanya dalam pameran yang digelar di Klenteng Liong Hok Bio. Pada pameran ini merupakan kali ketiga aku ikut memamerkan karyaku.

Nggak ketinggalan enam foto yang pernah aku potret di Magelang aku kumpulin untuk ikut pajang bersama 99 foto lainnya. Diantaranya saat aku liputan Jumat Agung dalam prosesi 1000 salib, setahun lalu. Pertama, aku tertarik pada seorang pria yang memanggul anakknya di sebelah kiri dan di tangan kanan memang kayu salib.

Foto kedua adalah waktu kirab dewa bumi se jawa . Foto yang aku ikutkan adalah gambar orang-orang yang membentangkan kain di depan Klenteng. Menurutku foto itu nggak terlalu istimewa, hanya tone-nya kata sebagian kawan menarik. Foto lainnya waktu aku meliput di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) di Canguk Magelang sekitar pukul 04.00 pagi. Aku jepret kepala sapi yang tergeletak begitu saja. Sedangkan tak jauh dari kepala itu sebuah pisau tergeletak di atas ceceran darah yang jampir menggumpal. Kata teman2 itu sadis, tapi waktu aku ngeliat UU 40/1999 kok nggak masuk dalam kategori sadisme. hehehehehehe

Foto lainnya adalah ritual nyadran di lereng Gunung Merbabu, juga seorang anak yang melambai ketika melepas orang tuanya pergi haji, dan tiga anak yang baru pulang sekolah melewati jembatan gantung di Kali Progo. Mereka anak2 di Kabupaten Magelang namun lebih memilih sekolah di Kota Magelang.

Kendati konsep dan pengambilan angle foto cukup sederhana, namun aku suka sekali foto ini karena nilai human interest yang cukup tinggi.

*Sukses buat pamerannya, tahun depan pasti lebih sempurna....

Komentar

Postingan Populer