Gagal Ginjal (2)

NGATIWON (42) masih teringat betapa terkejutnya, saat ia divonis dokter terkena gangguan ginjal 27 tahun silam. Pada waktu itu, warga Dusun Dukuhtawon Desa Kuwarisan, Kebumen itu hanya pasrah. Bahkan, karena ketiadaan biaya, ia menjauh dari dokter dan memilih menggunakan ramuan tradisional.

"Pada waktu itu bisa sembuh, tapi beberapa waktu kemudian kumat lagi," ujarnya menceritakan perihal penyakitnya.

Puluhan tahun ia menjalani hidup berteman dengan kesakitan yang berkepanjangan. Ia tak tahu, kapan waktu kumat datang. Jika sudah tiba waktunya ia pun didera kesakitan. Ketenangan keluarganya pun lenyap saat ia kambuh. Beruntung, istrinya Misnah (42) setia menemani. Misnah selalu ada saat ia membutuhkannya.

Kini Natiwon bisa tersenyum. Dokter menyatakan dirinya sembuh. Ceritanya, dua bulan sebelum puasa lalu, penyakit yang dideritanya kumat. Lalu ia dibawa ke RSUD Kebumen. Setelah tiga hari di rumah sakit itu, dokter merekomendasikan untuk dirujuk ke PKU Muhammadiyah Gombong. Karena di rumah sakit itu belum ada instalasi Heamo Dialisis (HD).
"Dokter bilang saya harus cuci darah, karena racunnya sudah menyebar," ujar Ngatiwon mengaku awalnya ia tdak mau mengingat biayanya yang mahal.

Akhirnya pria yang sehari-hari bekerja sebagai tukang bor sumur itu menjalani cuci darah dengan menggunakan Kartu Askeskin, tentunya setelah melewati jalan panjang mengurus segala persyaratan yang diperlukan. Beruntung, tiga hari menjelang lebaran, setelah 15 kali melakukan cuci darah ia dinyatakan sembuh.

"Ini mukjizat. Sekarang saya tidak sembarangan lagi makanan dan minuman dan obat-obatan," ujarnya mengaku dulu sembarangan mengonsumsi obat dan minuman.

Wakil Ketua Bidang Pelayanan Medis PKU Muhammadiyah Gombong, dokter M Irbabul Lubab menyebutkan sejumlah faktor yang menyebakan risiko gagal ginjal antara lain budaya mengkonsumsi obat sembarangan, mempunyai penyakit kencing manis, darah tinggi tak terkontrol. Selain itu perokok berat juga mempunyai potensi mengalami gagal ginjal.

Menurut dokter Irbabul Lubab, sebenarnya di Kebumen terdapat banyak pasien gagal ginjal yang tidak melakukan cuci darah. Hal itu dikarenakan ketiadaan biaya. Rata-rata mereka berasal dari keluarga yang tidak mempunyai kartu Askeskin.

"Mereka berasal keluarga yang dalam kategori nanggung. Tidak miskin sekali, tapi tidak kaya. Sehingga tidak memiliki kartu Askeskin," ujar dokter Lubab didampingi Bagian Humas dan Pemasaran Supriyadi.

Hal itu, kata dia, patut menjadi perhatian pemerintah, termasuk pemkab Kebumen. Mungkin mereka bisa diberikan subsidi dari APBD agar mereka bisa berobat di rumah sakit. Di sisi lain, ia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak sembarangan dalam mengkonsumi obat-obatan. Sebab, mengkomsumsi obat sembarang berisiko tinggi mengakibatkan gagal ginjal. "Jangankan yang sudah miskin, orang kaya pun bisa menjadi miskin karena penyakit ini," ujarnya menyebutkan tanpa subsidi biaya cuci darah memang cukup tinggi yakni Rp 750.000 sekali cuci darah.


Komentar

  1. Hei,
    riang sekali aku bisa bertandang ke blog-mu. Akhirnya..
    bagus kalau kau merasa miskin kata-kata. setidaknya itu percik api yang akan menyulutmu untuk....PRODUKTIF!
    Ah, Suara Merdeka bukankah menjadi rumahmu yang aduhai?
    Aku benar-benar senang, kita bisa bersambung kata-kata lagi.
    Mungkin, ada kalanya manusia perlu waktu untuk merendamkan segala kata-katanya, pada beberapa waktu

    BalasHapus
  2. Ya. Aku masih kerap rindu dengan sahabat kita yang telah berpulang pada-Nya.
    Aku ingat semua-muanya.
    Ingat ketawa kerasnya.
    oya, tanggal 29 bulan ini Haul Mbah Kyai. Hmm, kadang "seperti" terasa dipanggil lagi sama WeHa. welehweleh...

    BalasHapus
  3. Gagal ginjal itu bisa sembuh dan anda harus yakin, kalau anda tidak yakin maka anda pasti tidak akan sembuh. tapi sembuh dari gagal ginjal bukan hal yang mudah butuh proses panjang minimal 6 bulan (ini yang saya jalani) dan butuh keyakinan juga serta biayanya juga sangat mahal karna penyakit gagal ginjal bukan penyakit biasa.
    Kalau saudara yakin bisa sembuh dan mau usaha serta punya tekat dan semangat untuk sembuh dan jangan lupa br doa. Saya yakin anda pasti bisa sembuh.
    JANGAN ANDA DENGARKAN CLOTEH NEGATIP DARI ORANG LAIN.
    DENGARKAN KATA HATI ANDA, TEKAT ANDA, SEMANGAT ANDA. SAYA YAKIN ANDA BISA SEMBUH. KARNA SAYA YAKIN SABDA RASULULLAH SAW ITU BENAR. TAK ADA PENYAKIT YANG TIDAK ADA OBAT NYA, KECUALI TUA.
    INGAT ANDA YANG SEDANG TERKENA GAGAL GINJAL AKUT ATAU KRONIS ANDA HARUS YAKIN KALAU ANDA BISA SEMBUH AMIN...
    JANGAN PERNAH PASRAH...
    INGAT ALLAH TIDAK AKAN MERUBAH NASIB SUATU KAUM BILA KAUM ITU TIDAK MAU MERUBAH NYA.
    OK SAUDARA KU SEMANGAT SEMUANYA!!!!

    BalasHapus
  4. Suami saya tr kena gagal ginjal akut dan sudah 1 tahun , tapi lama kelamaan kondisi nya kok makin lemah aja... Karna suami belum mau cuci Sarah, Nah saya coba cari info tempat Brobat atau obat yang bagus dan aman buat suami saya, nah saya ketemu dng beberapa orang yg menyarankan untuk Brobat kesini dan kesitu, saya jadi bingung mau pilih yang mana... Tapi saya dapat info untuk konsiltasi dan brobat ke dokter yusuf dan saya akan coba dengan dengan beliau dulu, karna kata orang yg menyarankan tr sebut juga orang tua nya juga kena gagal ginjal akut dan sudah sembuh setelah datang dan berobat rutin ke dr yusuf, dan tadi siang saya sudah telp beliau dan rencana dalam waktu dekat mau Brobat dengan beliau, karna kebetulan jarak rumah saya dengan beliau jauh jadi tidak bisa ketemu langsung jadi kami hanya konsultasi via telp dan wahsapp saja dan obat ginjal nya kami pesan dengan beliau dan sekarang sudah sembuh. Suami saya brobat dengan beliau selama 6 bulan dan alhamdulillah sudah sembuh sudah bisa tugas di kesatuan nya karna suami saya anggota TNI.
    Jadi buat saudara yang belum sembuh coba brobat dengan beliau... dan yakin kalau bisa sembuh karna kalau tidak yakin dan prcaya sulit untuk sembuh.
    Ini no dokter yusuf nya 0853-6167-5232 bila saudara ingin brobat.

    BalasHapus
  5. Jadilah jutawan mendadak sekarang juga hanya bermain di sentapoker,com. Hanya deposit 15ribu kamu sudah bisa mendapatkan bonus 10ribu dan berkesempatan memenangkan hadiah ratusan juta hingga milliaran Rupiah! Jangan sampai ketinggalan dengan bonus yang akan datang nantinya hanya di sentapoker,com

    WHATSAPP : +6285921063064
    BBM : SENTA88
    LIVE CHAT : SENTAPOKER,COM

    SITUS POKER ONLINE RESMI
    DAFTAR SENTAPOKER
    PROMO POKER ONLINE
    CARA DAFTAR SENTAPOKER

    BalasHapus
  6. Brobat saja ke dokter yusuf... Banyak yang tr bantu kesembuhan nya semenjak brobat dengan Dr yusuf. Pasien beliau juga sudah banyak bahkan ada yang di luar daerah dan luar Negri yang sudah tr bantu oleh beliau. Kalau mau brobat dan Ingin sembuh ini nomor dokter yusuf nya 0853-6167-52-32

    BalasHapus

Posting Komentar

terima kasih Anda telah memberikan komentar di blog ini

Postingan Populer