About Me

My photo
If god has a permission, i just wanna be a prophet after muhammad. I even have an obsession tobe a god. But that dream has gone after i was born in this world.

Wednesday, January 28, 2009

Pandan Kuning

SELAIN pesona keindahan alam, ada sisi lain yang menarik di Pantai Petanahan Kebumen. Banyak orang justru lebih aroma mistik di Pesanggrahan Pandan Kuning daripada merasai deburan ombak laut selatan. Lalu apa yang mereka cari di lokasi yang diselimuti mitos itu, berikut laporannya.
***

PANAS terik menyengat tubuh, saat matahari bersinar hampir berada di atas belahan kepala. Hamparan gunung pasir di kawasan Pantai Petanahan tampak begitu panas hingga tampak semacam uap dia atasnya.Namun kondisi itu tidak mengurangi konsentrasi empat orang yang tengah larut bersemedi di pendapa didekat pesanggrahan Pandan Kuning, belum lama ini.

Dengan menghadap ke arah samudera, mereka duduk bersila. Tidak ada kata yang keluar dari mulut mereka. Suasana hening. Hanya ada doa dan mantra yang mungkin mereka utarakan dalam batin. Hanya ada hembusan angin yang menyapu pohon cemara laut yang mulai menghijau dan rerimbun pohon pandan, sedikit mengurangi panas siang itu. Keempat orang tersebut datang dari wilayah yang berbeda. Dua orang diantaranya dari Kebupaten Wonosobo, satu orang dari Kabupaten Purbalingga dan satu lagi dari Kabupaten Kebumen sendiri.

Saat ditemui usai melakukan semedi, mereka blak-blakan mengenalkan diri dan menuturkan maksud dan tujuan melakukan lelaku di tempat itu. Namun dengan catatan mereka tidak mau disebutkan nama lengkap dan asal desa mereka jika wawancara itu dimuat dalam surat kabar. "Takutnya setelah orang desa saya tahu, jika di kemudian hari saya sukses akan dikucilkan orang desa karena dianggap punya pesugihan," ujar pria asal Kecamatan Mojotengah Wonosobo.

Pria yang sehari-hari bekerja sebagai wiraswasta itu sudah dua hari dua malam berada di pesanggarahan itu. Sedangkan maksud dia melakukan ritual adalah untuk berdoa meminta rejeki kepada Tuhan. Adapun dipilihnya lokasi itu untuk melakukan ritual adalah atas petunjuk dari seorang kasepuhan. Dengan melakukan ritual berharap ada pencerahan sehingga dapat mengubah kehidupan mereka selanjutnya.

Percaya atau tidak, tapi begitulah faktanya. Ketika hidup semakin sulit, perekonomian yang menjepit, dan langkah rasional tak lagi bisa menjadi solusi, hal yang berbau klenik pun bisa ditempuh. Bertahun-tahun bekerja namun tidak pernah membuat dia berhasil, maka dia pun memilih jalan mistik untuk menjadikan lantaran mencari rejeki.
"Sampai saat ini belum ada petunjuk apapun," kata pria berperawakan kalem yang matanya mulai sayu itu.
Lain lagi bagi Yono (28) pria asal Purbalingga. Dia melakukan ritual di Pandan Kuning yang konon dipercaya merupakan pesangrahan ratu kidul itu dengan satu keinginan. Yakni mencari kesuksesan hidup. Selain itu, dia sengaja mendatangi lokasi itu untuk menenangkan hati. Saat itu dia masih menjalani ritual itu puasa ngebleng selama tiga hari-tiga malam. Meski mengaku berat, namun demi cita-cita menjadi orang yang berhasil dia mesti tahan dengan halangan yang ada.Dengan puasa dia percaya akan menajamkan mata batin.

"Rencananya saya akan melakukan ritual di tempat itu selama tujuh hari dan tujuh malam," kata pemuda berkulit bersih.

Ya, ritual di dalam pesanggrahan biasanya hanya dilakukan pada malam hari. Sedangkan pada siang hari biasanya digunakan untuk istirahat atau melakukan semedi di pendapa pesanggrahan. Begitu setiap hari mereka lakukan. Setelah mereka merasa mendapat semacam pentunjuk maka ritual itu diakhiri. Namun adapula yang tidak mendapat apa-apa meski telah melakukan ritual yang cukup lama.
"Sampai saat ini saya juga belum mendapatkan apa-apa," kata Yono.
Budiyono salah satu petugas objek wisata Pantai Petanahan, menuturkan, Pesanggrahan Pandan Kuning selalu banyak dikunjungi orang yang ini melakukan ritual. Ada yang ingin berdoa untuk memudahkan dalam mencari rejeki, mencari jodoh, pangkat dan kedudukan, atau sekadar menepi untuk mencari ketenangan hati. Mereka biasanya datang atas pentunjuk dari kasepuhan atau datang atas keinginan sendiri. Tidak hanya dari Kebumen, banyak warga luar kota yang secara khusus melakukan ritual di tempat itu.

Entah kebetulan atau tidak, kata dia, Banyak warga yang seteah melakukan lelaku spiritual, doa mereka dikabulkan. Jika demikian mereka kemudian melakukan ritual larungan. Yakni pakaian yang dia kenakan waktu melakukan ritual dilarung ke laut selatan. Soal tradisi larung sesaji itu tidak bisa dilepaskan dengan mitos penguasa laut selatan.

Orang-orang yang merasa berhasil semedi di tempat ini setiap malam Jum'at Kliwon bulan Sura mengadakan upacara larungan mulai sejak siang hari sampai menjelang ayam berkokok. "Yang jelas setiap orang yang sudah mendapatkan apa yang diinginkan, pakaian yang dia kenakan waktu melakukan ritual biasanya dilarung ke lautan," katanya.
***
PADA bagian pendapa, belum tampak adanya aura mistik di kawasan pesanggrahan Pandan Kuning di kawasan Pantai Petanahan, Kebumen. Namun jika sudah memasuki ruangan di sebelah utara pendapa, aroma klenik mulai terlihat. Sejumlah sesaji dan aroma dupa, kepenyan serta harum bunga setaman membuat nuansa lain ruangan yang hanya diterangi sinar lilin itu.

Bagi yang tidak terbiasa mengunjungi lokasi seperti itu, tentu akan membuat bulu kudu berdiri. Kalau tidak, aroma campuran wewangian itu membuat kepala pusing dan perut mual. Namun demikian, banyak orang yang mau berlama-lama melakukan ritual di sana. Selain orang yang memiliki hajat tertentu, pesanggrahan itu juga mejadi tempat favorit paranormal untuk melakukan ritual.

Salah satunya paranormal yang sering melakukan ritual di lokasi itu adalah Kasikun (49). Warga Desa Tegalretno Kecamatan Petanahan itu tampak cukup khusyuk bersemedi di ruangan sempit berukuran 2X3 meter. Matanya terpejam, kedua tangannya sesekali digerak-gerakkan dan mulutnya bergetar. Pria yang menjadi kasepuhan di desanya itu mengaku sering melakukan semedi di lokasi di sana.

Setiap purnama sekali, yakni malam Jumat Kliwon atau Selasa Kliwon dia melakukan olah batin di lokasi tersebut. Fungsinya adalah untuk menjernihkan hari dan mempertajam mata batin. "Saya sering ke sini sudah lama ikut bapak saya yang juga seorang kasepuhan," kata Kasikun usai melakukan ritual.

Selain semedi rutin, dia juga kadang datang ke lokasi tersebut jika ingin mendapatkan kesulitan. Sebagai seorang kasepuhan desa, Kasikun seringkali diminta bantuan orang-orang untuk melakukan pengobatan alternatif. Namun terkadang ada penyakit yang sulit ia sembuhkan. Jika demikian dia pergi ke pesanggrahan untuk melakukan ritual.

Dia menceritakan, keberadaannya di lokasi tersebut dalam rangka mencari petunjuk untuk mengobati pasiennya yang menderita penyakit liver. Beruntung, pada malam ketiga melakukan ritual, dia mengaku sudah mendapatkan petunjuk. Dalam semedinya dia seperti diperintah untuk mengambil dua bunga pudak wangi yang mekar di sekitar pesanggarahan guna mengobati penyakit itu.

"Benar. Pada pagi harinya saya melihat ada tiga bunga pudak wangi yang mekar. Padahal sebelumnya belum ada tanda-tanda bunga akan mekar," ujar Kasikun seraya menunjukkan bunga berwarna putih yang mekar dari sebuah pohon pandan.
Pesanggarahan Pandan Kuning sampai saat ini masih diselimuti mitos dan legenda. Konon nama pandan kuning berkait erat dengan kisan cinta Raden Sujono dengan dewi Sulastri yang terjadi sekitar tahun 1601, yakni pada masa Kerajaan Mataran dengan raja Sutawijaya. Sulastri adalah putri Bupati Pucang Kembar, Citro Kusumo.
Oleh ayahnya putri memiliki hidung mancung, muka lonjong bagai telor, kulit kuning dan rambut panjang terurai itu dijodohkan dengan Joko Puring, seorang Adipati di Bulupitu. Sayangnya dia tak memiliki getaran cinta kepada lelaki pilihan orang tuanya. Dia justru jatuh cinta kepada Raden Sujono seorang anak Demang dari Wonokusumo yang menjadi abdi dalem di Pucang Kembar.Setali tiga uang Raden Sujono diam-diam juga memiliki perasan cinta kepada Dewi Sulastri.
Cinta segitiga antara Joko Puring dan Raden Sujono dengan Dewi Sulastri berkembang menjadi prahara di Kabupaten Pucang Kembar. Setelah memenangkan sayembara, akhirnya Raden Sujono berhasil mempersunting putri cantik itu sekaligus menggantikan Citro Kusumo sebagai bupati Pucang Kembar.

Meski Dewi Sulastri sudah bersuami, namun hasrat Joko Puring untuk memiliki Dewi Sulastri belum sirna. Ketika Randen Sujono pergi memberantas berandal di Gunung Tidar, Joko Puring bisa membawa lari Sulastri sampai ke Pantai Karanggadung (saat ini dikenal Pantai Petanahan,red). Untuk mengulur waktu, Dewi Sulastri mau menjadi istri Joko Puring asal dia bisa mendapatkan anggur merah.

Akhir cerita, drama penyenderaan itu diketahui oleh Raden Sujono. Dua orang itu akhirnya bertarung dan dimenangkan Raden Sujono. Ada keajaiban terjadi, yakni Dewi Sulastri yang diikat pada pohon pandan ternyata pandan itu berubah berwarna kuning. Sehingga nama tersebut dipakai untuk memberi nama tempat tersebut.
Konon, pada saat itu, busana yang dipakai oleh Dewi Sulasri juga digantikan oleh Ny Ratu Kidul. Setelah memakai pakaian yang baru busana yang telah kusut dilarung ke lautan. Kedua pengantin baru itu pun beristirahat di bawah semak-semak pandan dan memadu kasih. Setelah ditinggalkan pasangan itu, kemudian tempat itu diminta menjadi tempat peristirahatan atau pesanggrahan Ny Ratu Kidul. Sejak itu pula, tempat tersebut dimanfaatkan banyak orang untuk semedi dan mengheningkan cipta. ***

12 comments:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua,
    Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan
    Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 750juta saya sters hamper bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu dengan kyai ronggo, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI RONGGO KUSUMO kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib 3Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 3M yang saya minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada. Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi kyai ronggo kusumo di 082349356043 situsnya www.ronggo-kusumo.blogspot.com agar di berikan arahan. Toh tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sama baik, jika ingin seperti saya coba hubungi kyai ronggo kusumo pasti akan di bantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedikit berbagi pengalaman siapa tau bermanfaat
      Sudah berkali-kali saya mencari tempat yang menyediakan pesugihan, mungkin lebihdari 15 kali saya mencari paranormal mulai dari daerah jawa Garut, Sukabumi, cirebon, semarang, hingga pernah sampai ke bali , namun tidak satupun berhasil, suatu hari saya sedang iseng buka-buka internet dan menemukan website ustad.hakim http://pesugihan-islami88.blogspot.co.id sebenarnya saya ragu-ragu jangan sampai sama dengan yang lainnya tidak ada hasil juga, saya coba konsultasikan dan bertanya meminta petunjuk pesugihan apa yang bagus dan cepat untuk saya, nasehatnya pada saya hanya di suruh YAKIN dan melaksanakan apa yang di sampaikan pak.ustad, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Alhamdulilah akhirnya 5M yang saya tunggu-tunggu tidak mengecewakan, yang di janjikan cair keesokan harinya, kini saya sudah melunasi hutang-hutang saya dan saat ini saya sudah memiliki usaha sendiri di jakarta, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi ustad.hakim bawazier di 085210335409 Toh tidak langsung datang ke jawa timur juga bisa, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sama baik, jika ingin seperti saya coba hubungi ustad.hakim bawazier agar di berikan arahan

      Delete
    2. Aslamualaikum wr wb. Bismillahirrahamaninrahim, senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman-teman melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung hutang ke pelanggan saya totalnya 700jt dan di bank totalnya 1M, saya stres dan hampir bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anak-anaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan KH.Ageng Raden Kusuma hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KH.Ageng Raden Kusuma, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah, akhirnya 5M yang saya minta benar-benar ada di tangan saya, semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, jika ingin seperti saya, saya menyarankan untuk menghubungi KH.Ageng Raden Kusuma di 085-219-106-237 Pasti akan di bantu. Situsnya http://kyai-agengradenkusuma.blogspot.co.id/

      Delete
  2. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua,
    Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan
    Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 750juta saya sters hamper bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu dengan kyai ronggo, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI RONGGO KUSUMO kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib 3Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 3M yang saya minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada. Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi kyai ronggo kusumo di 082349356043 situsnya www.ronggo-kusumo.blogspot.com agar di berikan arahan. Toh tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sama baik, jika ingin seperti saya coba hubungi kyai ronggo kusumo pasti akan di bantu

    ReplyDelete
  3. Cermati info pesugihan di media internet

    Bukan lagi rahasia umum jika keilmuan maupun piranti supranatural /pesugihan diperjual belikan, bak kacang goreng, ratusan info tersebut ramai diperbincangkan lewat televisI,media cetak maupun iklan didunia maya,sangatlah mudah kita temui bentuk promosi supranatura/pesugihan karena tampaknya mereka dapat melakukan promosi tsb tanpa syarat & ketentuan yg berat / bertele2 dari redaksi maupun stasiun tv, maka mereka dpt mengexphose kemampuan promosi dng cara luar biasa dari ribuan iklan yg terbit,apakah semua nya melakukan modus penipuan pesugihan ???


    Semua ini kembali kepada anda / masyarakat / pembaca yg bisa menilai & berkaca dari pengalaman, agar semakin dewasa dan cerdas, serta cermat dan jeli untuk melihat dari sudut pandang yg masuk akal. Namun kami : KLENIK555.COM ( pesugihan jateng ) memiliki be2rapa tips untuk menilai , menganalisa bahkan mencari tahu kredibilitas sang JURU KUNCI . Pelaku rtl dpt mengamati bentuk promosi & kalimat iklan PESUGIHAN bila menemukan kejanggalan dan tidak logic segera tinggalkan!!


    Dalam hal ini kita tdk bisa menyalahkan media tempat siapapun bisa beriklan, perkara iklan asli atau iklan tipu2 hny pemasang iklan & tuhan yg tahu, terkadang sebagai seorang pelaku /calon pelaku kita wajib cerdas & cerdik melihat & mengira2 serta menganalisa apakah be2rapa info yg anda jumpai benar2 akurat!! Dngan keberadaan tempat/domisili ( alamat ) konsistensi pemasang iklan, dan materi iklan / info tsb apakah masuk akal namun dalam hal kehati-hatian wajib untuk dilakukan memang dunia astral / ghoib / supranatural tdk menggunakan logika alias tdk masuk akal namun untuk menganalisa tentang sebuah kebenarannya dan kenyataannya dituntut menggunakan logika selain dengan mata hati, kami berusaha netral / objektif dan berada ditengah.


    Salam Hormat Kami : http://klenik555.com/

    ReplyDelete
  4. PESUGIHAN INSTAN HASIL NYATA BUKAN MODUS ^

    Pesugihan yang kami tawarkan berbagai macam diantaranya yaitu :

    JUAL MUSUH / JUAL ANAK / JUAL KELUARGA / JUAL JANIN / JUAL UMUR / NIKAH JIN / 1 PASANG TUYUL / UANG BALIK / SANTET / GENDAM / SUSUK DAN PELET (TIDAK TIPU2)

    dng proses tdk brtele2 & tnp basa-basi dan janji , terhindar modus penipuan atau pemberi harapan palsu ( PHP )

    berminat ? Krm sms format : * nama * alamat * usia * jenis ritual kirim ke : 087870051555 / 085777171555 ( tdk dpt tlp langsung )

    Kami memberikan bukti bukan janji , INFO DETAIL DAPAT DIBUKA WEBSITE KAMI MENGENAI SYARAT, JENIS RITUAL DAN PROSEDURNYA : http://klenik555.com/

    ReplyDelete
  5. Sedikit berbagi pengalaman siapa tau bermanfaat
    Sudah berkali-kali saya mencari tempat yang menyediakan pesugihan,mungkin lebih dari 15 kali saya mencari paranormal mulai dari daerah jawa Garut,Sukabumi, cirebon, semarang, hingga pernah sampai ke bali ,namun tidak satupun berhasil, niat mendapat uang dengan jalan pintas namun yang ada malah kehabisan uang hingga puluhan juta, suatu hari saya sedang iseng buka-buka internet dan menemukan website dari ustad hakim, sebenarnya saya ragu-ragu jangan sampai sama dengan yang lainnya tidak ada hasil juga, saya coba konsultasikan dan bertanya meminta petunjuk pesugihan apa yang bagus dan cepat untuk saya, nasehatnya pada saya hanya disuruh YAKIN dan melaksanakan apa yang di sampaikan pak.ustad, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Alhamdulilah akhirnya 2M yang saya tunggu-tunggu tdk mengecewakan, yang di janjikan cair keesokan harinya, kini saya sudah melunasi hutang-hutang saya dan saat ini saya sudah memiliki usaha sendiri di jakarta, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi ustad.hakim bawazier di 085210335409 atau cek websitenya http://pesugihan-islami88.blogspot.co.id/ jika ingin seperti saya silahkan hubungi uztad.hakim bawazier. 100% memberikan bukti bukan janji

    ReplyDelete
  6. Assalamualaikum permisi admin hanya sedekar berbagi pengalaman, Awal mula saya mengikuti pesugihan karena usaha saya bangkrut dan saya di lilit hutang hingga mencapai 2Milyar lebih, awalnya saya sempat takut dan bertanya-tanya. Setahu saya yang namanya pesugihan itu pasti akan meminta tumbal seperti nyawa dari salah satu anggota keluarga dan melakukan ritual-ritual tertentu dan hal-hal menakutkan lainnya. Dan sempat bingung ketika membaca di website USTAD UJANG BUSTOMI http://pesugihanjawa69.blogspot.co.id/ apakah iya pesugihan itu memang ada yang tidak memakan tumbal. tapi selama dua hari saya berpikir akhirnya saya bergabung dan menghubungi USTAD UJANG BUSTOMI kata Pak ustad pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang ghoib 3 Milyar dengan tumbal hewan, semua petunjuk saya ikuti dan hanya dua hari. Alhamdulilah akhirnya 3M yang saya minta benar benar ada di tangan saya. Perlahan hutang-hutang saya mulai saya lunasi. Dan yang paling penting bisnis keluarga yang saya warisi tidak jadi koleps. Ternyata pesugihan ustad.ujang bustomi berbeda dengan pesugihan yang saya kenal sebelumnya, dan tidak meminta tumbal keluarga, Jika ada teman-teman disini yang sedang kesulitan masalah ekonomi. Saya menyarankan untuk menghubungi USTAD UJANG BUSTOMI di 085215951837 pasti akan di bantu

    ReplyDelete
  7. Johan /jkt

    Sy tdk prlu ngomong panjang lebar ini dan itu, cukup bukti yg bicara krn dng hal tsb pasti dijamin sukses, niat dan keyakinan sj,sy melanglang buana dunia pesugihan smp harta hbz, tdk putus asa alhasil sy dpt apa yg sy inginkan, kega2lan dan kehancuran usaha sy kemarin, anggaplah kaya yg tertunda, mau percaya syukur, tdk jg gak apa2 itu hak anda sendiri, dan sy bukan sdg promosi / beriklan, ini emang benar adanya, asal kita mau berjuang dan siap maka bisa terwujud, inilah info yg sy pernah kunjungi : pesugihan jawa tengah : klenik555 ( percaya syukur,tdk jg gak apa2 ) terserah saja, dan yang mau tanya2 secara pribadi juga boleh, tp lewat email saja ya : anseajohanjkt@gmail.com

    NB : maaf sy tdk bs ksh no tlp, ckp lwt email pasti dijamin sy blz , tks

    ReplyDelete
  8. Assalamualaikum permisi admin hanya sedekar berbagi pengalaman, Awal mula saya mengikuti pesugihan karena usaha saya bangkrut dan saya di lilit hutang hingga mencapai 2Milyar lebih, awalnya saya sempat takut dan bertanya-tanya. Setahu saya yang namanya pesugihan itu pasti akan meminta tumbal seperti nyawa dari salah satu anggota keluarga dan melakukan ritual-ritual tertentu dan hal-hal menakutkan lainnya. Dan sempat bingung ketika membaca di website USTAD UJANG BUSTOMI http://pesugihanjawa69.blogspot.co.id/ apakah iya pesugihan itu memang ada yang tidak memakan tumbal. tapi selama dua hari saya berpikir akhirnya saya bergabung dan menghubungi USTAD UJANG BUSTOMI kata Pak ustad pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang ghoib 3 Milyar dengan tumbal hewan, semua petunjuk saya ikuti dan hanya dua hari. Alhamdulilah akhirnya 3M yang saya minta benar benar ada di tangan saya. Perlahan hutang-hutang saya mulai saya lunasi. Dan yang paling penting bisnis keluarga yang saya warisi tidak jadi koleps. Ternyata pesugihan ustad.ujang bustomi berbeda dengan pesugihan yang saya kenal sebelumnya, dan tidak meminta tumbal keluarga, Jika ada teman-teman disini yang sedang kesulitan masalah ekonomi. Saya menyarankan untuk menghubungi USTAD UJANG BUSTOMI di 085215951837 pasti akan di bantu

    ReplyDelete
  9. Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .

    ReplyDelete
  10. itulah nama saya
    Rela menjadi wna di negara indonesia dan akhirnya kecewa sy bercerai dan punya anak 1, sakit dan luka hati amat dalam, akhirnya saya beranikan untuk memasuki dunia hitam yaitu pesugihan, saya nikah dengan jin baik dan saya ambil seumur hidup.

    Berjalan waktu ada lelaki dari golongan manusia yg siap jadikan aku istri, dengan meminta izin dan restu dari suami jin sy, akhirnya saya nikah untuk kedua kali dengan manusia, kini sy sukses dalam dunia : materi melimpah 7 turunan gak habis dan punya suami dari 2 golongan

    Bagi anda / teman yang mau tau info nya dari mana sy dapatkan pesugihan yang benar2 nyata, karena saya tidak akan memberitahukan di khalayak umum / pernyataan pribadi lewat media / koment saya

    mari silahkan untuk PM/ kirim pesan melalui
    email pribadi saya ini : anaskybanbustani@gmail.com
    ( pasti saya balaz )

    ReplyDelete

terima kasih Anda telah memberikan komentar di blog ini