About Me

My photo
If god has a permission, i just wanna be a prophet after muhammad. I even have an obsession tobe a god. But that dream has gone after i was born in this world.

Sunday, March 15, 2009

Sate Soma

SATE Ambal, Soto Petanahan, barangkali sudah familier bagi penggemar kuliner yang pernah singgah di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Namun jangan pernah mengklaim sudah pernah merasakan semua jenis makanan di kabupaten itu. Soalnya, diam-diam daerah ini masih memiliki beragam makanan khas yang menarik.

Dari daftar panjang makan yang bisa dicoba, satu di antaranya adalah Sate Soma. Seperti halnya sate Ambal dan Soto Petanahan nama Sate Soma diambil dari daerah asalnya yakni Dusun Somawangsa di Desa Gunungsari, Karanggayam. Namun tidak seperti Sate Ambal yang sudah banyak ditemukan di luar Kecamatan Ambal bahkan di luar Kebumen, kelezatan Sate Soma hanya bisa ditemukan di daerah asalnya.

Sate kambing Soma belum dijual di luar Dusun Somawangsa. Para penjualnya pun belum mendirikan cabang di luar desa itu. Tidak hanya itu, sate jenis ini juga tidak dijual tidak setiap hari. Para penjual sate itu hanya berjualan pada hari pasaran saja yakni hari Senin dan Kamis. Kedua hari tersebut merupakan pasaran Pasar Somawangsa. Hanya saja sehari sebelumnya yakni Minggu dan Rabu, pembeli sudah bisa dilayani. Dengan catatan datang siang atau sore hari.

Terdapat sejumlah pedagang Sate Soma yang cukup dikenal di daerah itu yakni warung sate milik Sukatno, Wasis dan Martono. Mereka sama-sama berjualan pada hari pasaran. Selain hari itu warung mereka tutup.

Bagi Sukatno, salah satu penjual sate, ia merasa tidak ada kekhususan terhadap sate yang ada di Dusun Somawangsa. Namun orang luar daerah yang pernah mencoba mengatakan sate di Soma memiliki rasa khas. Padahal menurut pria yang berjualan sejak tahun 1991 ini, bumbu yang digunakan juga tidak jauh berbeda dengan bumbu sate pada umumnya antara lain kecap, bawang merah, lada, tomat dan mentimun.

Hal yang membedakan dari sate pada umumnya adalah daging kambing yang gunakan. Daging kambing yang dijadikan sate adalah benar-benar daging kambing yang masih segar karena baru saja disembelih. Lalu tidak semua daging ditusuk, karena yang digunakan untuk sate adalah daging pilihan yang benar-benar bagus. "Ukuran tusukan juga relatif kebi besar," ujarnya mengaku sehari menghabiskan dua hingga tiga ekor kambing.

Bakaran daging kambing muda menyebarkan aroma yang menggoda selera. Hanya dengan Rp 12.000 tiap porsi Anda akan merasakan lezatnya Sate Soma dengan nuansa pedesaan yang khas. Untuk itu jika singgah ke Kebumen, tidak ada salahnya menyempatkan diri ke Dusun Somawangsa.

Untuk mencapai dusun ini bisa ditempuh dengan sepeda motor, mobil, atau kendaraan umum. Dari Kecamatan Karanggayam terus ke utara kurang lebih 10 KM. Sampai di pertigaan Desa Pagebangan pilih jalur ke kiri arah utara sampai dengan Pasar Somawangsa. Persawahan dengan sistem terasering terhampar di sepanjang menjadi pemandangan menarik yang sulit dilupakan.

Saat pulang perjalanan bisa ditempuh melalui jalur lain yakni mellaui Desa Glontor, Somagede, Kenteng lalu tembus di Gombong. Dengan disertai kehati-hatian, perjalan di perbukitan tentu menjadi hal yang mangasyikkan.***

No comments:

Post a Comment

terima kasih Anda telah memberikan komentar di blog ini