About Me

My photo
If god has a permission, i just wanna be a prophet after muhammad. I even have an obsession tobe a god. But that dream has gone after i was born in this world.

Friday, April 29, 2011

Soto Bebek Pak Kenthung's

Sejumlah mangkok soto bebek Pak Kenthung's
siap dihidangkan. Foto: Ondo Supriyanto
LAZIMNYA masakan soto memakai daging sapi, kerbau, atau ayam. Namun di Gombong, sebuah warung soto yang diberi nama Kedai Pak Kenthung's menawarkan menu soto unik yang memakai daging bebek.
    Tak sekadar berbeda pada suwiran daging bebeknya, soto bebek di warung yang terletak di Jalan Gereja No 99 Gombong persisnya sekitar 100 meter sebelah selatan objek wisata Benteng Van der Wijck Gombong itu juga sangat unik. Edi Kurniawan (38) pemilik kedai itu membuat sotonya dengan cara memadukan antara soto khas Sokaraja dan soto khas Gombong.
    Selain kuahnya yang buket dari bumbu-bumbu seperti mucang, kacang tanah, rasanya juga gurih dengan kuah kaldu khas soto Sokaraja. Aroma rempah-rempah yang menjadi bumbu utama menjadikan soto bebek tersebut menggoda selera.
    Sebagai penanda ciri khas soto Gombong adalah dilengkapi dengan bergedel yang terbuat dari gethuk goreng. Perkedel yang menjadi pelengkap soto tidak terbuat dari kentang, melainkan dari ketela. Ketela yang dikupas dan dikukus sampai matang, lalu ditumbuk dan diberi bumbu garam dan bawang goreng. Selanjutnya gethuk tersebut dikepal-kepal dan digoreng lalu siap disajikan.
    Mirip dengan Soto Petanahan, soto bebek tersebut juga bisa dimakan dengan campuran nasi atau ketupat. "Respon masyarakat cukup bagus dengan adanya soto bebek. Namun begitu kami juga menyediakan alternatif daging ayam," ujar Edi Kurniawan yang akrab  disapa kenthung karena sosoknya yang gemuk itu.
    Tidak hanya soto bebek, yang menarik di kedai yang buka mulai akhir Desember 2010 ini adalah soto cekernya. Tambahan ceker yang dimasak rica-rica, membuat soto ceker menjadi klangenan tersendiri. Apalagi harga yang ditawarkan cukup terjangkau yakni Rp 5.000 per porsi.
    "Intinya, kedai saya ini semua serba bebek. Sekarang saya juga sedang memperkenalkan rica-rica bebek spesial," imbuhnya seraya menyebutkan rica-rica bebek ditawarkan dengan harga Rp 7.5000/porsi.
    Juniadi (35) pengunjung asal Kebumen mengaku senang dengan soto bebek dan ceker tersebut. Menurut dia selain rasanya yang lezat, harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau. Setelah mencoba, dia juga tertarik dengan rica-rica bebeknya.
    "Unik saja, kebetulan saya juga senang dengan daging bebek," ujarnya.***

No comments:

Post a Comment

terima kasih Anda telah memberikan komentar di blog ini