About Me

My photo
If god has a permission, i just wanna be a prophet after muhammad. I even have an obsession tobe a god. But that dream has gone after i was born in this world.

Friday, February 20, 2015

Brodonolo, Bengkel Motor Custom yang Mendunia

Suasana workshop Brodonolo Custom Garage di Jalan Tentara Pelajar 29 Kebumen.
JIKA menaiki sepeda motor pabrikan terlalu biasa, membangun sepeda motornya sendiri adalah pilihan bagi sebagian orang. Di Kebumen terdapat sebuah workshop yang mampu membangun sepeda motor custom dengan spesialisasi motor gede jenis chopper. Tak hanya diakui di dalam negeri, kualitasnya kini makin mendunia.
    Adalah Brodonolo Custom Garage, awalnya memproduksi beragam bentuk dan jenis tangki custom bagi mereka yang hobi permak motor  dengan tampilan klasik model custom. Sejak 2010, workshop milik Andi "Kendil" Septianto (25) mulai menerima pesanan membangun motor gede yang desainnya disesuaikan dengan selera pemesan.
  
Beberapa sepeda motor custom masih dalam proses perakitan.
 Rata-rata sepeda motor yang dibangun ialah motor gede berkapasitas 500 hingga 1000 cc. Motor custom menggunakan mesin berbagai merek seperti Yamaha XS 650, Harley Davidson, hingga Norton. Selain mesin yang diimpor, sejumlah part seperti tangki, slebor, frame, merupakan handmade bengkel yang berada di Jalan Tentara Pelajar 29 Kebumen. Tetapi sebagian seperti shockbreaker, stang merupakan buatan pabrik yang sudah dimodifikasi.
    "Jadi desain sepeda motor disesuaikan oleh permintaan pemesan sehingga sangat eksklusif, karena lebih dari 70 % merupakan  bahan lokal," ujar Andi di workhsopnya, baru-baru ini.
  
Sepeda motor dengan mesin-mesin besar menjadi spesialisasi bengkel ini.
Tentu untuk membangun sepeda motor custom, dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Tanpa mesin, biaya membangun satu unit sepeda motor bisa mencapai Rp 45 sampai Rp 60 juta. Sedangkan jika ditambah mesin impor total biaya mencapai sekitar Rp 95 juta.
    "Untuk menggarap satu sepeda motor diperlukan waktu sekitar 2-3 bulan," ujar Andi yang dibantu oleh sembilan orang tenaga.
  
Digemari Artis
    

Meskipun berbiaya tinggi, sepeda motor custom cukup digemari di kalangan menengah atas. Sejumlah artis dan pengusaha menaiki sepeda motor hasil karyanya. Salah satunya Cella, gitar grub band Kotak adalah yang sudah memesan sepeda motor dari Brodonolo Custom Garage. Selain dari dalam negeri, banyak pesanan datang dari konsumen mancanegara.
    Membuat sepeda motor, bagi Andi yang merupakan lulusan Teknik Mesin di Institut Sains dan Teknologi (IST) AKPRIND Yogyakarta itu berawal dari hobinya memodiifikasi sepeda motor. Pertama kali, tahun 2007 saat masih kuliah dia memodifikasi sepeda motor CB 200. Setelah berhasil, akhirnya banyak yang memesan untuk dibuatkan.
    "Untuk saat ini kami masih fokus untuk membangun motor gede jenis chopper," katanya.
    Dia menerangkan, chopper merupakan jenis sepeda motor yang dimodifikasi baik dari desain sepeda motor asli atau dibangun dari awal untuk memiliki penampilan yang otentik. Fitur utama dari chopper yang membuatnya menonjol adalah desain frame panjang disertai dengan ujung depan yang meregang. Aspek lain yang unik dari desain chopper adalah biasanya tidak ada suspensi belakang.
    "Memang untuk pasar lokal Kebumen justru belum terbentuk, dan komunitas motor  chopper belum ada," tandasnya.

Keamanan kerja adalah yang utama.
 
Mejeng dengan motor sepeda motor custom.


1 comment:

terima kasih Anda telah memberikan komentar di blog ini