About Me

My photo
If god has a permission, i just wanna be a prophet after muhammad. I even have an obsession tobe a god. But that dream has gone after i was born in this world.

Wednesday, March 11, 2015

Santap Siang "Dhaharan Jawi" di KantiNia

Satu porsi menu Dhaharan Jawi ala KantiNia Kebumen.
 BAGAIMANA pun seorang penggila kuliner telah berpetualang aneka makanan di berbagai daerah nusantara dan mancanegara, tidak akan pernah meninggalkan selera asal. Sebagai orang jawa misalnya, tentu masakan jawa sudah mendarah daging dan tak bisa tergantikan.
    Menu masakan jawa cukup spesial dapat dinikmati di rumah makan KantiNia yang terletak di Jalan Aroengbinang 21 persisnya di depan markas Palang Merah Indonesia (PMI) Kebumen. Di antara menu yang ditawarkan, menu yang diberi nama Dhaharan Jawi atau disingkat dengan Dharwi ini menjadi salah satu andalan dan cukup menjadi favorit para pengunjung.
    Penasaran dengan menu tersebut? Dharwi merupakan satu paket menu yang terdiri atas nasi bakar yang dibungkus daun pisang, kemudian dilengkapi lauk daging ayam goreng atau bakar. Pilihan pengganti lain bisa bebek atau ikan nila dan bawal, tergantung selera. Kemudian tahu, tempe, dan ikan asin yang semua digoreng kering.
    Sayur asem yang dilengkapi dengan jagung muda sangat menggoda selera. Kemudian, sambel bawang dengan cabe rawit merah dan lalapan berupa daun kol dan ketimun muda melengkapi menu yang disajikan dengan cukup spesial tersebut.
    Saat membuka bungkus daun, aroma nasi cukup khas. Nasi bakar juga terasa gurih lantaran terdapat bawang gorang di dalamnya. Lengkap sudah, rasa pedas, asam, asin, dan gurihnya nasi bakar membuat santap siang menjadi kian sempurna. Di satu piring menu Dhaharan Jawi seperti merayakan pertemuan hasil bumi dan kekayaan laut nusantara.
    "Menu dhaharan jawi ini memang sangat cocok untuk hidangan santap siang," ujar Chef KantiNia Iswandi (48), Jumat (6/3/2015).

Aneka Juice
  

 Iswandi yang telah lama malang melintang bekerja di hotel dan restoran di Bali dan Kebumen  menawarkan menu lain yang tak kalah lezatnya. Antara lain kepiting saos padang, bakmie nyemek khas Kebumenan, dan aneka sop seperti sop ayam, iga, buntut, dan asparagus.
    Soal harga, rumah makan yang melayani mulai pukul 09.00 sampai 18.00 tersebut cukup terjangkau. Seperti bakso sehat Rp 7.000, bakmie nyemek Rp 15.000 dan seporsi Dharwi Rp 20.000. Selain itu, beragam minuman ditawarkan mulai minuman panas, teh poci gula batu, kophit (kopi hitam), suhe (susu jahe), hingga tehman (teh manis). Kemudian minumam dingin, eskop, blue ocean, punkstro, hingga coffee float.
    "Ada juga aneka juice seperti jambu, sirsak, mangga, peksay, hingga juice durian," ujar Iswandi menyebutkan pihaknya melayani delivery order dan pesanan nasi box, prasmanan, baik partai besar maupun kecil.
    Di sisi interior, rumah makan yang berdiri sejak Nopember 2014 itu juga cukup menarik. Sebab, di bawa kaca meja makan terdapat contoh motif batik tulis khas Kebumen. Tentu, hal ini patut diapresiasi karena ada rumah makan yang ikut mengenalkan batik khas Kebumen.***

1 comment:

  1. gan aq buka warkop di daerh sya.sya mau pkai gelas,cangkir,mangkok dri bahan batok klu sya ambil 2 lusinan hrgaya brp gak.

    ReplyDelete

terima kasih Anda telah memberikan komentar di blog ini