About Me

My photo
If god has a permission, i just wanna be a prophet after muhammad. I even have an obsession tobe a god. But that dream has gone after i was born in this world.

Sunday, February 22, 2009

hipnoterapi

BAGI sebagian siswa, mata pelajaran Bahasa Inggris dan Matematika masih menjadi momok yang menakutkan. Apalagi jika guru pengampu bertampang galak, mengikuti dua mata pelajaran itu membuat peserta didik serasa dalam kutukan. Pada akhirnya, rata-rata nilai dua mata pelajaran itu berada di titik paling rendah jika dibandingkan mata pelajaran lainnya.

Sekolah Dasar Negeri (SDN) Purwodeso Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen memiliki metode yang cukup unik untuk
mengatasi persoalan klasik itu. Yakni guru menerapkan metode hipnoterapi untuk mendongkrak prestasi siswanya.

Dengan metode itulah kemampuan belajar seorang anak ditingkatkan. Metode itu bukan menyulap si anak menjadi cerdas mendadak, tetapi untuk meningkatkan kemampuannya agar jadi lebih baik. Termasuk agar para siswa tidak takut lagi dengan mata pelajaran yang semula ditakuti.

Penerapan metode ini berawal dari pemikiran Riyanto Budi Handoyo sebagai kepala sekolah yang harus bertanggung jawab terhadap prestasi siswanya. Setelah mencoba beberapa cara, tiga tahun lalu Riyanto mulai menekuni dunia hipnotis. Awalnya coba-coba dengan membaca beberapa buku referensi tentang hipnotis. Eksperimen pertama dilakukan kepaa istrinya sendiri. Setelah berhasil dia pun mempraktikannya kepada siswanya.

"Tujuan metode relaksasi adalah untuk
meningkatkan prestasi para siswa dengan cara memotivasi anak agar lebih giat belajar dan mencintai mata pelajaran yang selama ini dianggap sebagai momok yang menangkutkan," katanya di sela-sela mengajar di kelasnya, baru-baru ini.

Beginilah cara dia dia menerapkan hipnotis kepada para siswanya dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Sebelum mata pelajaran dimulai, sekitar 40 siswa kelas VI sudah duduk di bangkunya masing-masing. Riyanto yang juga mengajar sebagai guru masuk kelas dan menerapkan metode itu.

Sebelum memulai menyampaian materi, dia memberikan intruksi kepada anak-anak didiknya untuk melakukan relaksasi. Pertama para siswa diajak melakukan senam pernafasan yakni menarik nafas panjang lalu menyimpan di perut, dan dikelurkan pelan-pelan. Para siswa mengikuti instruksi itu masih dalam posisi duduk santai.

Beberapa kali olah nafas itu itu dilakukan dengan mata terpejam serta pikiran terfokus pada satu hal. Saat anak-anak berada dibawah pengaruh hipnotis itulah, sang guru memberikan sugesti kepada anak didiknya. Riyanto lalu memberikan stimulus di alam bawah sadar para siswa dengan sugesti-sugesti positif tentang pelajaran. Langkah itu kata dia disebut induksi yakni agar siswa lebih santai sehingga lebih fokus dan bank ingatan pun terbuka.

Dalam sugestinya, disampaikan bahwa anak-anak itu adalah sebenarnya siswa yang pandai Bahasa Inggris dan Matematika. Setiap hasil ujian dibagikan, anak-anak mendapat nilai 100 seluruhnya. "Kalian adalah siswa yang pandai. Kalian tidak akan takut lagi dengan pelajaran Bahasa Inggris dan Matematika," ujar Riyanto masih memberikan sugesti kepada para siswa yang masih "tertidur" dalam pengaruh hipnotis.


Ya, hipnoterapi adalah aplikasi hipnotis untuk kepentingan terapi. Dalam berbagai referensi, berbagai macam penyakit yang berkaitan dengan kejiwaan, seperti ketakutan, stress, atau insomnia, bisa disembuhkan dengan metode ini. Tidak terkecuali metode ini mampu meningkatkan motivasi belajar para siswa. Seperti halnya metode ini bisa mengubah kebiasaan merokok, kebiasaan buruk seperti malas belajar pun bisa diubah.


Menurut alumnus Jurusan Psikologi Pendidikan IKIP PGRI Semarang itu, hipnoterapi bisa membuat pikiran anak jadi rileks, hingga belajar pun jadi indah. Menghafalkan pun jadi pekerjaan yang lebih mudah. Ini bisa terjadi dengan membuka akses pikiran bawah sadar yang menyimpan berbagai macam memori.


Bila akses ini dibuka, sesuatu yang sudah terlupakan, dengan mudah bisa diingat kembali. Termasuk memori saat masih berumur di bawah tiga tahun, bahkan ketika masih di dalam kandungan sekalipun. Seringkali terjadi pada anak-anak, ketika mereka menghadapi ujian belajar, lupa dengan apa yang sudah dipelajarinya. Tapi setelah ujian, waktu di luar kelas, jadi ingat semua.


"Itu karena pikiran tegang semua memori seolah-olah tertutup, sehingga lupa. Ini problemnya. Nah, hipnotis sebetulnya merelaksasikan ketegangan itu, sehingga memorinya tidak tertutup lagi," paparnya.


Metode ini bekerja dengan cara masuk ke dalam pikiran bawah sadar yang bersangkutan, dimana terletak berbagai file termasuk data kebiasaan untuk belajar, kebiasaan untuk rajin, kebiasaan memiliki mental juara, dan sebagainya itu. Hipnosis sebetulnya adalah bahasa lain dari relaksasi pikiran itu. Dengan metode hipnoterapi, peran diri si anak akan terbantu, sehingga memudahkan proses belajarnya. Membaca jauh lebih cepat dan menghafal pun jauh lebih mudah karena semua akses pikiran dan otak diset kesana.


Reni Fitriana salah satu siswa kelas VI SDN merasa apa yang disugestikan oleh kepala sekolahnya tampak nyata setelah dia terbangun . Semakin hari dia tidak lagi takut terhadap pelajaran bahasa Inggris dan Matematika. Bahkan, saat kepala sekolah membuat soal Matematika dia tak ragu maju ke depan kelas dan mengerjakan soal-soal itu. Dengan penuh percaya diri Reni mampu mengerjakannya dengan benar.


"Bagus, karena sekarang saya sangat senang mengikuti pelajaran Matematika," katanya usai mengikuti pelajaran.


Hal yang sama disampaikan Galang Iswahyudi, siswa lainnya. Dia mengaku senang dengan metode yang diberikan gurunya. Menurut dia, selain badannya lebih segar, dirinya juga tidak takut lagi terhadap mata pelajaran apapun.

"Selama mengikuti pelajaran jadi rileks dan tidak tegang," katanya.


Meski terhitung sudah dua tahun terakhir ini Riyanto Budi Handoyo mendalami hipnoterapi, namun metode itu diberikan kepada siswa kelas V dan VI baru-baru saja. Metode hipnoterapi ini sengaja dipraktikkan pada siswanya untuk meningkatkan prestasi anak melalui motivasi supaya para siswa lebih giat belajar dan tidak takut akan mata pelajaran yang dianggap menakutkan. Maklum selama ini pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris menjadi momok bagi para siswanya.


"Hasilnya cukup bagus, minat siswa Nanti hasilnya bisa dilihat dari hasil ulangan umum serta ujian nasional," katanya
seraya menyebutkan metode itu dia terapkan pada awal semester atau menjelang ujian nasional.

Dia meyakini metode itu memberikan efek positif bagi anak dalam berperilaku untuk selamanya karena alam bawah sadar anak telah terprogram dengan sugesti untuk memacu motivasi dalam semangat belajar. Pada intinya, saat keadaan rileks, membuka apa saja yang ada di pikiran bawah sadar, seperti konsep diri, percaya diri, fungsi memori, fungsi belajar, dan sebagainya, bisa dikelola dengan baik. Namun sebaliknya ketika anak tegang, dengan metode diancam, takut, dan sebagainya, pikiran bawah sadarnya menutup.

Lebih luas lagi, hipnoterapi bisa membantu meningkatkan prestasi seseorang, bukan anak-anak saja. Konsep diri seperti konsep belajar, mental pemenang, dan sebagainya itu ada pada setiap oaring. Pada anak-anak, konsep dirinya akan menjadi buruk, bila dipengaruhi oleh lingkungannya yang banyak mengungkapkan kata-kata negatif. Sehingga mempengaruhi konsep diri anak.

"Belum-belum si anak sudah berpikiran sulit berbahasa Inggris," ujarnya menyebutkan dengan hipnoterapi mental-mental buruk semacam itu berusaha ditata ulang.***

2 comments:

  1. Mantabs sekali mas hipnoterapi panjenengan. Selamat dan salam kenal

    ReplyDelete
  2. It is likewise an amazing write-up i always definitely relished examining. It's not necessarily day-to-day i always develop the opportunity to discover anything. hipnoterapi jogja

    ReplyDelete

terima kasih Anda telah memberikan komentar di blog ini