About Me

My photo
If god has a permission, i just wanna be a prophet after muhammad. I even have an obsession tobe a god. But that dream has gone after i was born in this world.

Thursday, August 27, 2009

senam lansia

LANJUT usia merupakan bagian dari tahap perjalanan hidup manusia yang tidak bisa dihindari. Sehat meski memasuki usia senja adalah harapan semua orang. Berbagai upaya pun dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari sakit-sakitan.

Salah satunya dilakukan oleh para lansia di Dusun Sokka Kidul, Desa Sidokarso, Kecamatan Sruweng, Kebumen. Mereka secara aktif melakukan senam lansia secara rutin setiap. Bahkan sejak 5 Oktober 1999 lalu mereka mendirikan paguyuban senam lansia yang diberi nama "Ngesti Budi Utomo". Seminggu sekali sekitar 22 anggotanya ikut melakukan senam khusus lansia.

Ya, menyaksikan mereka melakukan senam, para lansia yang pada umumnya sudah di atas 70 tahun itu masih tampak bugar. Tawa renyah mereka sesekali terlihat saat melakukan gerakan-gerakan tangan. Masih lengkap dengan mengenakan pakaian olahraga, para lansia itu dengan tidak kalah dengan orang yang jauh lebih muda.

Salah satu lansia yang masih tampak sehat adalah Rusdiman (75). Pansiunan guru SD yang memiliki sebanyak 16 orang cucu tersebut mengaku masih aktif melakukan senam lansia bersama warga lainnya. Pria yang saat ini menjadi ketua Ngesti Budi Utomo itu mengaku cukup merasakan dampak melakukan senam lansia secara rutin.

"Badan jadi lebih sehat, dan untuk mengisi kesibukan," ujar Rusdiman.

Adapun gerakan pada senam lansia itu sengat sederhana. Setiap gerakan menonjolkan adalah gerakan pada tangan untuk melatih saraf dan tulang tetap kuat, serta mendorong jantung bekerja optimal. Dengan gerakan itu berdampak positif terhadap peningkatan fungsi organ tubuh dan meningkatkan imunitas dalam tubuh manusia.

Selain untuk menjaga kesehatan bagi para lansia di dusun itu, paguyuban senam lansia imbuh dia adalah untuk menjaga kehidupan sosial bagi para lansia. Apalagi dengan berkumpul dengan sesama para lansia, banyak hal yang membuat hati senang. Lalu apa yang mereka bicarakan?

"Kalau udah kumpul sesama umur, yang dibicarakan masih kayak anak remaja he he he," katanya seraya tersenyum.

Inspirasi pembentukan kelompok senam lansia adalah saat dia melihat senam lansia di Jakarta yang ditayangkan televisi. Ide itu pun muncul dan disambut antusias oleh para lansia di dusun tersebut. Kegiatan senam rutin paguyuban yang anggotanya umurnya di atas 56 tahun itu itu pun masih bertahan hingga sekarang ini.

D Suwarno (69) salah satu anggota mengemukan, anggota paguyuban senam lansia tersebut anggota berasal dari berbagai latar belakang pekerjaan. Mulai dari petani, pansiunan guru, pedagang sampai pansiunan tentara seperti dirinya yang merupakan pansiunan TNI AL.

Menurut dia, senam lansia ini bisa untuk menumbuhkan rasa persaudaraan masyarakat di dusun tersebut. Dengan tumbuh persaudaraan di kalangan lansia diharapkan menjadi contoh bagi generasi muda untuk tetap menjaga persaudaraan.

"Yang terpenting adalah menyehatkan badan sehingga lansia lebih produktif," imbuhnya.***

2 comments:

  1. Trim Artikelnya sangat menarik sekali...
    kalau ada yang mau cari baju senam bisa langsung mampir ke baju senam crystal disana lengkap dan tinggal pilih saja ...
    Moga bisa membantu untuk anda ...

    ReplyDelete
  2. Terimakasih artikelnya sangat membantu dan bermanfaat sekali ..
    oya kalau untuk tempat jual baju senam murah dan berlualitas yang banyak pilihannya di surabaya dimana ya..
    kalau ada yang tau bagi infonya ya...

    ReplyDelete

terima kasih Anda telah memberikan komentar di blog ini