Mencari Ikan dan Keindahan di Pantai Manganti



Bahu membahu mendaratkan perahu
PESISIR selatan di Kebumen mempunyai potensi yang tak akan habis digali. Pantai ini menjadi tantangan tersendiri bagi investor yang berminat mengembangkan investasi. Sebab, sampai hari ini keindahan dan kekeyaan alam itu masih saja bersembunyi di balik gugusan bukit dan karang. Tidak berlebihan jika wilayah wisata Kebumen dimasukkan ke dalam 33 tujuan wisata unik di Indonesia.
Beristirahat sejak, menikmati angin pantai.
Meski usia tak lagi muda, semengat bekerja tetap membara.

Dalam sebuah artikel wisata, objek wisata di Kebumen disejajarkan dengan keunikan wisata Citarik, ekowisata Gunungmas, petik stroberi di Ciwidey Bandung, bursa permata di Rawa Bening, Ujung Genteng
Sukabumi, ekowisata Gunung Halimun dan sejumlah objek wisata lainnya. Memang ada bermacam keindahan yang dapat dinikmati di pesisir selatan Kebumen. Gua Jatijajar, Gua Petruk, dan puluhan gua lain, serta wisata Pantai Logending, Ayah, Petanahan, Karangbolong, dan Pantai Manganti yang terkenal dengan gudang lobsternya.


Menghitung raman, alias nilai produksi barhari.
Di antara pantai itu, Manganti atau Menganti adalah satu pantai yang mempunyai keunikan tersendiri. Meski belum setenar Logending, keindahan pantai itu luar biasa. Di kawasan tersebut terdapat gugusan bukit dengan panorama sangat manawan yang dinamakan Tanjungbata. 
Ratusan perahu terparkir di  Pantai Menganti.
Kerasnya ombak pantai selatan tidak menggoyahkan tebing karang yang tegar. Bentuk karang laut inilah yang membuat lokasi itu disebut sebagai Tanjungbata. Yakni karena bentuknya yang mirip batu bata raksasa yang tersusun rapi. Dari atas ketinggian itu, mata akan bebas melempar padangan ke birunya samudera hindia.

Ikan hasil tangkapan hari ini.
Dibandingkan pantai lainnya, Manganti sedikit sulit terjangkau karena lokasinya yang tersembunyi di balik bukit di Desa Karangduwur, sekitar tujuh kilometer dari Pantai Ayah. Wisatawan bisa menempuh dengan mobil atau sepeda motor untuk menuju lokasi itu. Perlu hati-hati karena untuk sampai harus melewati jalan terjal berbukit. Namun jangan khawatir, semua lelah itu pasti terobati setelah pandangan Anda menyapu bukit yang berwarna keperak-perakan. 
Yang menarik pantai itu adalah pasir putihnya yang menawan. Jika
pernah ke Pantai Kuta Bali, maka dipastikan kekaguman yang sama ketika melihat pasir putih di Pantai Manganti. Tak hanya ada keindahan, pantai ini merupakan tempat yang tepat mencari ikan. Ratusan perahu nelayan berjajar di parkiran bibir pantai.


Pasir putih Pantai Menganti terlihat dari atas bukit.
Menjelang sore para nelayan mulai bermunculan dari tengah lautan. Bermula dari titik kecil, biduk yang perlahan membesar mendekati daratan membawa hasil
Ini ikan tangkapanku!!!!
tangkapan. Kedatangan mereka disambut para pedagang ikan yang menunggu di tempat pelelangan ikan. MAU?

Komentar

Postingan Populer